Strategi Menjaring Pengunjung

Share:
Strategi Menjaring Pengunjung
Blogger Asia -  Belajar Bisnis Online | Keberhasilan sebuah blog atau website dapat dilihat dari seberapa besar traffic web, blog tersebut. Sehebat apapun desain atau isi dari sebuah website atau blog tidak akan ada artinya jika tidak ada pengunjungnya dan hanya akan menjadi seonggok sampah cyber yang tanpa pengunjung. Layaknya sebuah sistem bermasyarakat di dunia nyata, dunia cyber pun perlu bersosialisasi dalam rangka mengenalkan lokasi tempat tinggal anda di dunia cyber. Banyak cara dan strategi untuk mengundang rekan rekan cyber agar mau berkunjung ke website atau blog anda. Hal ini sangatlah penting dan menjadi kunci serta modal utama bagi seseorang yang terutama menjalankan bisnisnya lewat dunia online. Strategi apa saja yang perlu anda lakukan untuk menjaring pengunjung sebanyak mungking ke webblog anda.

1. Berkunjunglah ke web, blog tetangga.
Layaknya didunia nyata sebagai seorang warga baru, menjadi hal yang utama untuk mengunjung tetangga sebagai perkenalan tahap awal sebelum anda melakuakan sosialisasi ke tahap yang lebih luas. Begitu pula di dunia cyber, perkenalkanlah web blog anda dengan mengunjungi web blog orang lain kemudian tinggalkan pesan di web blog yang anda kunjungi supaya mereka berkunjung balik ke web blog anda. Sebetulnya tanpa harus diminta jika anda telah mengunjungi web blog seseorang maka dengan sendirinya anda akan di kunjungi balik oleh pemilik web blog yang anda kunjungi dan mencoba menengok seisi halaman web blog anda, begitu pula dengan yang saya rasakan dan saya lakukan selama ini.

2. Ikuti forum.
Setelah anda berhasil dalam tahap lingkup kecil, cobalah untuk bersosialisasi dalam tingkatan agak luas yaitu dengan mengikuti forum forum, sekarang sudah banyak forum yang diadakan para web master ataupun blogger yang intinya dalam rangka bertukar fikiran serta menggali potensi yang dimiliki setiap webmaster atau blogger. Disini cobalah anda untuk saling bertukar informasi, berilah komentara komentar yang bermutu serta jangan lupa tinggalkan jejak untuk me-link ke web blog anda, dengan demikian maka akan dengan sendirinya orang orang akan berkunjung ke web blog anda tanpa harus anda suruh.


3. Daftarkan di Komunitas.
Lingkup komunitas ini merupakan tingkatan yang lebih tinggi lagi, kalau di samakan dengan kehidupan bernegara, dengan mendaftar ke komunitas berarti anda sudah mulai mengenalkan diri anda ke setiap daerah, propinsi di Indonesia. Jadi dalam tahapan ini sudah menjajaki kehidupan bernegara dan mengenalkan diri anda kepada seluruh pelosok daerah dalam suatu negara. Banyak sekali komunitas blogger tiap daerah di Indonesia ini, seperti kumpulblogger.com, angingmamiri, baliblogger dan masih banyak lagi komunitas yang lainnya, kalau anda merasa kesulitan untuk mencari, search engin aja dari om google.

4. Daftarkan di Social network
Untuk menjaring pengunjung yang satu ini perlu anda coba karena efeknya sungguh luar biasa, anda bisa menjaring pengunjung dari luar komunitas, forum ataupun back link anda. ada bebrapa social network yang bagus seperti addhits dan onlywire yang saya ikuti. Sebagai contoh Onliwire, dengan mendaftar di Onlywire maka secara otomatis web blog anda akan terdaftar di 27 web social network seperti facebook, digg, google bookmark, blinklist, Bedo dan lain sebagainya.

5. Daftarkan di search engine
Agar web blog anda lebih dikenal lagi oleh Dunia Internasional dan menarik pengunjung dari luar komunitas, daftarkan web blog anda ke search enging (mesin pencari)seperti om google, Dmoz, yahoo, Altavista, Msn, dan lain sebagainya. Untuk mendaftar di search engine saya sarankan anda memasukan keyword yang mudah orang kenal atau familiar serta untuk. Contohnya blog saya ini menggunakan keyword "Belajar Bisnis Online" jika anda mencari dengan keyword tersebut maka blog ini akan muncul. Jadikanlah blog anda minimal ter index minimal 10 besar dalam search engin.

Apabila anda telah mengikuti semua item diatas ini secara konsisten, maka tunggulah apa yang akan terjadi? Anda akan kebanjiran pengunjung. Jika pengunjung sudah banyak, maka bagaimana cara agar pengunjung bisa bertahan lama di web blog anda? Anda bisa membaca di Bagaimana cara menahan pengunjung agar bisa bertahan lama di Blog anda? OK Selamat mencoba dan TETAP SEMANGAT!!!!

1 comment:

  1. Saya sangat mengoptimalkan poin pertama karena blogwalking sangat efektiv...

    ReplyDelete