Mengenal Bisnis Online

Share:
Mengenal Bisnis Online
BlogerAsia – Mengenal Bisnis Online | Sebagian orang baik warganet atau warga nyata (^_^) mungkin sudah sering mendengar dan mengetahui istilah Bisnis Online dan apa itu Bisnis Online. Rasanya tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan bagi yang belum tahu dan remainder bagi yang sudah tahu saya sedikit bahas mengenai Apa itu Bisnis Online. 

Mengutip dari situs www.business.gov.au, Bisnis Online atau dikenal Juga dengan sebutan e-business, adalah segala jenis aktivitas bisnis yang terjadi secara online “melalui media internet”. Seorang pemilik bisnis yang melakukan kegiatan bisnis nya menggunakan internet, itu bisa dikatankan menjalankan bisnis online. Menjalankan bisnis online bisa termasuk jual beli secara online, dan menyediakan layanan online. Berbagai macam bisnis dapat ditemukan secara online, di berbagai industri. 

Siapapun bisa memulai bisnis online. Jika Anda memiliki produk atau ide unik, Anda bisa menemukan cara untuk menjual atau menukarnya secara online. seperti bisnis jual beli 'batu akik, burung, pakaian dan sebagainya' Anda dapat menjual nya di internet, Anda dapat memajang fotonya ditoko online Anda, jadi Anda harus membuat bagaimana tampilannya dapat menarik pelanggan.

Dengan semakin bertambahnya tingkat kepercayaan publik terhadap transaksi online, bisnis online ini semakin mendapat perhatian dan diminati oleh masyarakat indonesia pada khususnya. Untuk itu menurut saya sangat dianjurkan bagi yang memiliki usaha riil untuk mulai meng-onlinekan usahanya agar lebih dikenal luas oleh publik. Keuntungan dari bisnis online ini sangat banyak salah satu nya yaitu produk yang Anda jual dapat lebih dikenal luas. 


Jenis atau Tyipe Bisnis Online
Berdasarkan jenisnya Bisnis online memiliki beberapa tipe yang berbeda , seperti:

Situs web / website :
Pemilik bisnis menjalankan usaha onlinenya dengan membangun sebuah portal website khusus untuk memasarkan produknya. Keuntungan dari membangun website sendiri ini adalah, produk yang Anda juala adalah murni produk Anda sendiri tidak bercampur dengan produk orang lain yang sama. Sama halanya Anda memiliki toko sendiri, barang yang ada di toko adalah barang Anda sendiri tidak tercampur dengan barang dagangan orang lain.

Toko online atau marketplace
Tipe yang kedua ini bisa Anda pergunakan jika Anda belum mampu membuat website sendiri, namun harap maklum karena namanya juga toko online / marketplace maka yang berjualan disini bukan Cuma Anda tetapi juga orang lain yang mungkin juga kompetitor Anda yang menjual barang sama dengan Anda. Keuntungan dari marketplace ini yang pertama biasanya free alias gratisan jadi Anda tidak perlu memikirkan bayar hosting atau memperpanjang domain ke ISP, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar sebagai warga market place tersebut kemudian ikuti aturannya kemudian mulai berjualan dengan memajang produk Anda, dan kenalkan ke warga net. Keuntungan yang kedua marketplace biasanya adalah tempat yang sudah terkenal jadi Anda tidak perlu lagi mempromosikan marketplace nya, karena semua orang akan mengunjungi marketplace tersebut untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan. 

Jika Anda ingin mencoba, ada banyak market place lokal yang sudah terkenal dan free untuk bergabung di tempat tersebut seperti : bukalapak, shopee, tokopedia, olx, berniaga, dan sejenisnya banyak lah pokonya he...

Blog
Blog atau web blog, tujuan awal terbentuknya blog sebetulnya adalah untuk catatan online, namun dengan seiringnya waktu, banyak yang memanfaatkan blog sebagai media untuk kegiatan online termasuk salahsatunya bisnis Online. Blog hampir sama dengan web yaitu bisa lebih bersifat pribadi, selain itu keuntungan lain dari blog adalah user friendly. Lebih mudah di buat walaupun itu orang awam, karena tidak perlu memikirikan skrip,strukutur kode dan yang berbau program lainnya. Selain itu blog juga bisa langsung online dan gratis sehingga produk-produk yang Anda posting di blog bisa langsung di online-kan / dipasarkan/ dipromosikan.

Blog juga lebih mudah terindeks di mesin pencari, sebagaimana diketahui bahwa syarat utama jika sebuah website atau blog ingin terkenal di warga net maka harus mendapat minimal peringkat sepuluh besar di halaman mesin pencari.

Akun media sosial
Hampir semua orang mengenal media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, youtube dan masih banyak lagi, bukan Cuma mengenal tetapi kebanyakan memiliki akun tersebut. Mempromosikan produk lewat media sosial menjadi hal yang paling diminati oleh pelaku bisnis online karena di media sosial lebih banyak warga net yang terkumpul namun tidak semua dari mereka melakukan kegiatan bisnis online sehingga kompetitor lebih sedikit. Keuntungan lain dari melakukan bisnis onlien melalui media sosial ini adalah anda dapat memanfaatkan platform gratis dan melakukan pertemanan sebanyak mungkin sebagai pangsa pasar Anda mengenalkan produk kepada teman online Anda.

Keuntungan dan kerugian bisnis online

Agar berimbang maka disini saya akan menyampaikan keuntungan dan kerugian dari bisnis online yang dikutip dari www.business.gov.au. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan untuk memulai atau memindahkan bisnis online yang ada, terutama jika Anda tidak bisa komputer atau web, atau belum memulai bisnis sebelumnya.

Manfaat melakukan bisnis online bisa meliputi:
1. Penghematan biaya dalam sewa dan penempatan pegawai
2. Fleksibilitas dan efisiensi yang lebih besar dalam penyampaian produk dan layanan
3. Aksesibilitas 24/7 untuk pelanggan di seluruh Indonesia (atau seluruh dunia).

Ada juga kelemahan dalam melakukan bisnis online, seperti:
1. Beberapa pengetahuan teknis atau web mungkin diperlukan
2. Biaya perangkat lunak dan perangkat keras
3. Risiko penipuan online.

Namun demikian Anda tetap bisa mengantisipasi hal-hal yang merugikan tersebut sehingga hal negatif tersebut bisa di hindari. Demikian semoga urainan sederhana ini dapat bermanfaat untuk pembaca setia blogerasia, dan jangan lupa like FB Inspirasi Wirausahanya ya hehe... ngarepdotcom.

No comments